Wednesday, November 17, 2010

Ngeblog Gratis

Berapa biaya yang anda keluarkan untuk membuat sebuah blog? Memang tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk membuat sebuah blog, sebab harus memiliki domain dan harus menyewa webhosting. Ditambah biaya akses internet yang relatif mahal, bukankah itu hanya membuang-buang uang dan tenaga secara percuma?

Dari satu sisi pandangan tersebut ada benarnya, namun disisi lain bila anda hobi maka berapa pun uang yang dikeluarkan tidak akan menjadi masalah. Ada perasaan puas yang tidak bisa dinilai secara materi. Blog dan media online terus populer dan semakin banyak saja orang-orang mengaku dirinya sebagai blogger.

Untuk dapat menyiasati biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat sebuah blog, kita bisa memanfaatkan blog-blog gratisan. Misalkan blogspot ataupun wordpress. Dengan registrasi mudah, anda bisa langsung memiliki sebuah blog sendiri. Tetapi ada kelemahan yang dimiliki penyedia blog gratis tersebut, yaitu alamat blog tidak akan unik dan ringkas karena harus dikuti dengan nama blogspot ataupun wordpress dibelakangnya.

Tetapi, hal tersebut bukanlah masalah besar, karena yang terpenting bagi sebuah blog adalah konten. Walaupun nama (domain) unik dan tidak terkesan gratisan, tapi kalau lemah pada konten, itu sama saja anda buang-buang uang secara percuma.

Apakah ada cara lain untuk memiliki blog dengan nama yang unik tapi gratis? Yupz tentu ada. Sekarang banyak penyedia layanan-layanan webhosting dan domain gratis. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk mendapatkan nama domain dan web hosting. Kecuali biaya akses internet, itupun gratis jika anda mengaksesnya di kantor.

Anda bisa mendapatkan nama domain secara gratis, misalkan www.co.cc. silahkan anda kunjungi situsnya, dan mulailah mencari nama domain anda lalu mendaftar, gratis. Sedangkan layanan web hosting, anda bisa mencari di search engine dengan keyword “free hosting”, maka akan muncul situs-situs penyedia layanan web hosting. Setelah anda mendapatkan domain dan web hosting, mulailah membangun sebuah blog atau web. Terserah anda ingin menggunakan apa, banyak sekali penyedia layanan CMS (Content Management System) seperti Joomla, Drupal, Wordpress.

37 comments:

  1. mbk or mas ya ni mau tanya kan dinda bikin blog bru biar dpt tmn n komunitas gmn caranya bri bls detailyah tq

    ReplyDelete
  2. @adinda sayang

    sering2 berkunjung ke blogger2 lain, nanti juga kenal dgn para blogger yang online, jalin silaturrahmi ibaratnya, kalo untuk komunitas banyak kok...nanti juga dapet info dari teman2 blogger

    ReplyDelete
  3. Saya masih setia make domain dari blogspot sob, sebagai wujud rasa terima kasih saya kepada blogger,,,, takut juga sob make yang gratisan... nanti bermasalah lagi dibelakangnya,,,,

    ReplyDelete
  4. setuju atas
    nama udah terlanjur tercemar dg blogspot :D

    ReplyDelete
  5. tfs Bippi, suatu saat bisa berguna kl mau bikin pake .co.cc, sukses sll...!

    ReplyDelete
  6. @asis : iya sob, saya juga males mau ganti domain buat ini blog, sayang udah dpt PR 3 hehehe

    @aciiid: hehehe...enakan pake blogspot sob, gratis selamanya :D

    @tiwi : iya mba, tapi sayang klo pke co.cc cuma setahun doank gratis, setalah itu ya bayar2 juga

    ReplyDelete
  7. saya juga sekarang agak tkut brother..sekarangkan saya dah pake domain gratis .co.cc,,
    dan saya dengar2 setelah satu tahun maka harus bayar..
    jadi gmana nich,tolong kasih saran ya brother...
    thx

    ReplyDelete
  8. saya juga masih pakai yang gratisan sahabat, btw makasih infonya bermanfaat.

    ReplyDelete
  9. @kelpo : setuju apa nie sob? hehehe

    @sibutiz : saran saya, 14 hari sebelum jatuh tempo atau habis masa berlaku domain, langsung dibayar sob murah kan cuma $3 kalo gak salah...

    @BRI JV : iya pak, demennya yang gratisan hehehe

    ReplyDelete
  10. boleh dijadikan platform nih sob..thanx yar.dalam masa tidak lama lagi aku fikir aku punya domain sendirik.

    ReplyDelete
  11. wah, kalau artikel diatas ditambah dengan Emoticon2 yg lucu2 dan sangat Ekspresif yg ada diblog saya, makin manteb deh blognya, jadi lebih hidup artikelnya :thumbs up

    ReplyDelete
  12. @biskut
    Wah kayanya udah mulai serius ngeblog nie sob

    @Facemot
    Ide bagus tuh sob, diposting berikutnya saya coba pake emoticon sob

    ReplyDelete
  13. Setuju kalo blogging lbih baik pake yg gratisan aja ... :) Menurutku lebih keren haha

    ReplyDelete
  14. aku masih setia dengan blogspot, ngeblognya belum terarah sih :(

    ReplyDelete
  15. makasih infonya.
    ada juga yg gratisan yah?

    ReplyDelete
  16. @Mr.Kelpo gratisss...bener keren sob...hahaha

    @narti sama mba, enak pula gak ada tagihan tiap bulan atau tahunan, cuma biaya inet aja :D

    @gp yang gratisan banyak sob...

    ReplyDelete
  17. Kalo aku, ngeblog itu udah merupakan bagian dari kegiatan sehari2 yg gak mungkin aku lepaskan...so dengan ngeblog kita dapet info apapun dan dapet temen dari segala penjuru dunia yg sebelumnya kita gak saling kenal...btw, sampe saat ini aku masih pake blogspot..karena sudah sangat familiar dengan pernik2nya hehehe

    ReplyDelete
  18. @Bintang wah udah jadi rutinitas ya mba? iya juga sih, ngeblog bisa nambah temen walau cuma di dunia maya...hehehe

    ReplyDelete
  19. sip.. maju terus dunia perblogan.. salam sejahtera :D

    ReplyDelete
  20. saya dari awal memang suka blogspot
    alasanya karena www.blogger.com

    ReplyDelete
  21. @hanumuslem
    maju terus gak pernah mundur sob :D

    @anak nelayan
    blogspot identik dengan blogger sob :D

    @Muhammad Chandra
    wow...blogger sejati sobat yg satu ini :D

    ReplyDelete
  22. hobby memang mengalahkan semua , berapa rupiah saya gunakan utk ngeblog hehehee . ,

    blogger memang keren sob , . utk domain saya pernah berpikir utk menggunakan co.cc , tp saya khawatir alexa rank-nya turun (padahal kan memang turun terus) hehehee

    nice info sob !!!

    ReplyDelete
  23. memang sob kalau ngeblog tuh paling asik udah gratis terus mantabs lagi fasilitasnya dibandingkan dengan hosting gratis lainnnya :)

    ReplyDelete
  24. @Ladida
    Yupsss...setuju sob, kalo co.cc sy juga pernah pake...tapi langsung ganti setahun yg lalu

    @Ibnunu
    yoi bener sob, blogger.com sudah menyediakan dengan fitur lengkap.

    ReplyDelete
  25. OK gan,saya segera pasanglink agan...
    thx 4 perubahan link saya nya....

    ReplyDelete
  26. salam sahabat
    wah ketinggalan mas
    memang bener memanfaatkan gratisan seperti blogspot atau wordpress bisa dinaungi dengan puas apalagi bila kreativ akan meraih pada non gratisan tentunya

    ReplyDelete
  27. Wahh sobat kita yg satu ini memang pakarnya blogging,ya. sampai2 hal kecil ini di ingatkan kembali olehnya. hehehhe Piz... Sob.

    ReplyDelete
  28. to me, better to use blogspot sebab banyak kemudahan sedia and also it's free...

    ReplyDelete
  29. @sibutiz
    Ok sob...tararengkyu

    @Dhana
    yupz...btul mba dhana :D

    @robbi ismail
    harus sob, suatu hal yg kecil jangan disepelekan :D

    @khairi
    yupz...lebih familiar dgn blogspot sob :D

    ReplyDelete
  30. Salam..

    Tak kisah panjang atau pendek, percuma atau berbayar, janji dapat kepuasan diri...

    ReplyDelete
  31. Aku kalo GRATIS mau kalo bayar ogah

    ReplyDelete
  32. pengennya serba free alias garatiis..

    ReplyDelete
  33. makasih infonya, iya bener, entah berbayar atau gratis. yang penting adalah contennya,
    ayo semangat.
    Bali Villas Bali Villa

    ReplyDelete
  34. Dulu saya pernah pake co.cc. Awalnya emang gak ada masalah. Setelah beberapa bulan muncul masalah. Saya gak bisa promosiin blog saya di facebook. Katanya terindikasi sebagai spam. Dari situ saya berpikir mungkin ini karena domain co.cc. Karen sebenarnya co.cc adalah subdomain, mungkin semua yag pake co.cc dianggap sama oleh facebook.

    Oh, iya.. Sebenarnya co.cc bisa gratis selamanya kok. Setelah setahun kita memang perlu memperpanjang. Memperpanjangnya gak bayar, asal kita konfirmasi bahwa penggunaan domain itu bukan untuk bisnis, api cuma keperluan pribadi.
    Klik di sini pasti lebih baik.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, mohon tidak meninggalkan LINK didalam komentar. Terima kasih