Friday, October 22, 2010

Sejarah Permainan Catur


Dari mana asal-usul permainan catur? Bagi banyak pecatur di level tinggi, ini tak hanya sebuah pertanyaan sejarah, namun terkait erat dengan soal kepemilikan, dominasi. Kita kehilangan kesadaran universal tentang asal-usul permainan 64 petak hitam-putih seperti halnya saat setiap gerakan yang kita lakukan membuat perubahan bagi dunia.

Dari Wikipedia, permainan catur pertama kali ditemukan di masyarakat Persia dan Arab. Kata “catur” sendiri berasal dari kata “chaturanga” yang dalam bahasa Sanskrit berarti “empat divisi ketentaraan.”

Catur kemudian menyebar ke seluruh dunia dengan berbagai varian permainan sampai kemudian kita kenal seperti sekarang.

Permainan ini awalnya menyebar sampai ke Timur dan India dan menjadi salah satu pelajaran di keluarga kerajaan dan ningrat Persia. Pemuka agama Budha, pedagang yang lalu-lalang di Jalan Sutra mulai memperkenalkan papan catur untuk permainan ini.

Chaturanga masuk ke Eropa melalui Kerajaan Byzantine Persia, dan menyebar ke Kaisaran Arab. Pemeluk agama Islam kemudian membawa catur ke Afrika Utara, Sisilia dan Spanyol pada abad ke-10.

Permainan ini kemudian menjadi popular di Eropa. Dan, pada akhir abad 15, permainan ini lolos dari daftar permainan yang dilarang Gereja. Pada abad modern mulai lahir buku-buku referensi catur, kemudian penggunaan jam catur, serta sejumlah aturan permainan dan pemain-pemain hebat.

24 comments:

  1. saya termasuk penggemar berat CATUR sahabat, nice info ya. Salam

    ReplyDelete
  2. sudah lama saya tidak bermain catur . . ,

    baru kali ini juga saya tahu sejarah catur ,

    nice info kawan !!!

    ReplyDelete
  3. Wah saya jg hobi banget maen catur ne sob ,,,
    kpn kita tanding sob :D

    ReplyDelete
  4. awalnya ternyata dari persia sm arab ya sob..!!! apa mungkin dijaman Rasulullah dulu sudah ada permainan sejenis ini yach..!!!

    ReplyDelete
  5. salam sahabat
    ehm eropa tercatat juga yach makin rame dan mendunia baru tahu saya asal usul ini mas thanxs

    ReplyDelete
  6. @BRI JV : wah...bapak ini udah master x
    @Ladida : main lagi sob...ngasah otak :D
    @Topi : atur aja sob...kapan2 kita tanding :D
    @Kian : wah kalo masa itu mungkin udah ada juga sob
    @Dhana : iya mba, saya juga baru tau pas searching...

    ReplyDelete
  7. WAH, aku paling suka sob maen catur.
    tp baru tau nih tentang sejarahnya..
    thnks ya
    met hari Minggu sob...

    ReplyDelete
  8. wah jadi tahu sejarahnya catur
    padahal saya juara 1 dalam 1 RT hehehe

    ReplyDelete
  9. Akak tak pandai main catur tapi suka tengok anak murid main catur

    ReplyDelete
  10. @penghuni60 : sama sob, saya juga baru tau...langsung share deh
    @anak nelayan : wah hebat sob...udah jadi juara tingkat RT
    @zmah : saya juga tak terlalu pandai main catur, masih belajar2

    ReplyDelete
  11. salam sobat
    ternyata ada sejarahnya
    saya jadi tahu asal usul catur.

    ReplyDelete
  12. waw!! catur gua bgt!!
    tp baru tau sejarahnya gan!
    thx bgt!
    nice info!

    ReplyDelete
  13. siang bippi...nah lo, aku pikir catur asalnya dr eropa sono...hehehhe....tp dr dl ak g bs maen catur, lbh suka maen adonan kue!..xixiix...nice info bippi utk nambah wawasan...tq n success 4 u..!

    ReplyDelete
  14. Permainan catur merupakan permainan minda yang hebat... tapi setiap kali main, mesti kalah... hi.hi.hi.. mmg x reti nak main..

    ReplyDelete
  15. memang catur mempunyai sejarah yang keren.

    ReplyDelete
  16. permainan yg lama2 bs bikin pening kpala.. :s

    ReplyDelete
  17. catur... sebuah permainan asah otak yang paling saya senangi... buat temen2, yang mau tanding sama saya, silahkan hubungi saya..... hehe.. :D

    ReplyDelete
  18. ooo, ternyata catur itu dari arab dan persia ya??
    pantesan orang islam pinter2, apalagi berstrategi keren-keren

    ReplyDelete
  19. Wah baru tahu nich sejarah catur, selama ini hanya hobi main saja

    ReplyDelete
  20. fuhh~ lame tak men catur. dpt mng g ke x skrg. :P

    ReplyDelete
  21. dh lama x main chess..

    p/s: dulu suka apply teknik ruy lopez :p

    ReplyDelete
  22. nice info.. bisa menambah pengetahuan.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, mohon tidak meninggalkan LINK didalam komentar. Terima kasih