Wednesday, June 1, 2011

Error "jtablesession store failed" pada Joomla!

Sedikit sharing tentang kendala saat pindah hosting kemarin. Namanya juga masih belajar, kalau tidak ada error, maka tidak akan belajar menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi.

Setelah semua file-file joomla di upload dan setting semua configurasi joomla, ternyata masalah belum selesai. Masih ada error yang terjadi saat saya mencoba mengakses blog Joomla saya, pesan error yang muncul.

jtablesession store failed
DB function failed with error number 1062
Duplicate entry '1-' for key 2 SQL=INSERT INTO jos_session (
`session_id`,`time`,`username`,`gid`,`guest`,`client_id` ) VALUES (
'a095cf5b6baa793e26769c528f03d8ea','1208358762','','0','1','0' )

Langsung saya berburu tentang cara mengatasi error tersebut, dan ternyata hanya cukup dengan me-repair table jos-session pada phpMyAdmin database mysql. Untuk cara merepair jos_sesson, Anda bisa mengikuti cara dibawah ini

Login ke akun web hosting Anda,
Sebelum melakukan repair, saya sarankan untuk mem-backup database Anda.
Jangan lupa untuk mengecek hak akses database (Manage User Privileges)

Buka phpMyAdmin pada control panel

Pilih database joomla Anda
Centang table jos_session

Pada drop down box “With selected”, pilih “Repair table”

Dan klik "Go" untuk mengeksekusi.

Hal ini akan memperbaiki tabel jos_session dan yang lebih penting memperbaiki situs Joomla Anda. Dan Anda tidak akan melihat lagi: " jtablesession store failed DB function failed with error number 1062"

11 comments:

  1. salam sobat
    tambah ilmu agikalau berkunjung kesini
    mengatasi error ftablesession store failed pada joomla.
    trims sharingnya

    ReplyDelete
  2. hiya aku nol besar gan tentang yang namanya joomla ini

    ReplyDelete
  3. walaah , saya gak ngerti sama yg beginian bro.. hahaha

    ReplyDelete
  4. agan Bippi pintar sekali program nih
    aku tak bisa sama sekali gan jomlah jomlahan

    ReplyDelete
  5. ada fitur repairnya aman gan
    aku belum pernah menemui yang ada fitur repair ini
    apa mungkin bukan jumlah kali gan ya

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah gan menambah koleksi ilmu belajar disini

    ReplyDelete
  7. meski tak pernah otak atik dalamnya program apalagi joomla, tapi bagus dech infonya kang Bippi.

    Tengkyu kang, hehe lama nian aku ndak bermain-main dengan bahasa pemograman.

    ReplyDelete
  8. sangat bermanfaat gan, makasih ya artikelnya jangan lupa berkunjung ke blog saya catatanrezapahlevi.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Terima kasih informasinya..
    Akhirnya blog saya bisa balik lagi..

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, mohon tidak meninggalkan LINK didalam komentar. Terima kasih