Monday, June 15, 2009

Purgatory Islamic Death Metal Band

Wow…dari judul diatas apa yang anda pikirkan? Band metal yang identik dengan musik cadas dan gak jelas atau yang lainnya. Sepintas anda berpikir seperti itu, karena yang namanya band metal cenderung dengan musik yang bising dan identik dengan setan atau iblis. Mungkin ada sebagian band metal identik dengan setan atau iblis, tapi berbeda dengan band yang satu ini. Band asal Jakarta Purgatory memang beraliran metal, tapi dalam lirik-lirik lagu mereka itu religius yang menyampaikan pesan-pesan agar kita ingat kepada yang Kuasa. Lagu bernafas religius gak cuma didominasi sama band-band pop, banyak band-band underground yang menulis lagu-lagu religius dan mereka gak perlu nunggu bulan puasa atau lebaran untuk menulis lagu-lagu religius, ya setidaknya nggak ada motif kesengajaan untuk berkomersil ria dari mereka.


Tanya sama semua anak metal, siapa yang gak kenal Purgatory??? semua pasti bilang kalo Purgatory adalah band metal religius. Ya, imej religi ini memang menempel sangat erat di mereka. Sampai-sampai, nggak sedikit yang menjuluki mereka band metal religi, atau menyebutkan Purgatory sebagai band Islamic Death Metal.

Kenapa mereka disebut Islamic Death Metal? Ya, karena memang mereka menulis lagu yang isinya pesan-pesan yang positif dari perjalan hidup mereka dan dalam menulis lagu mereka juga mengambil intisari dari Al Qur’an dan Sunnah Rasul. Bahkan ada sebagian lirik lagu mereka yang diambil dari Al Qur’an Surat Ar Rahman ayat 13.

Anda pasti bertanya, apakah mereka menerapkan apa yang mereka sampaikan dalam kehidupan sehari-hari?

Jawabannya YA. “gue ngeband sama halnya kayak gue ngejalanin ibadah, syi’ar lah kalo bahasa Islamnya,” sahut si Amor. Dan mereka rutin mengadakan pengajian 2 kali dalam seminggu. Dan mereka terbuka juga buat siapa aja yang mau ikutan. Ok…brow, bagi anda yang beranggapan miring tentang musik metal, mungkin ini bisa mengurangi anggapan anda tentang musik metal.

18 comments:

  1. sangat besar sekali harapanku untuk memmperbesar blog mu ini, karena blog mu luar biasa bro.. info yang kau berikan banyak memberi pencerahan kepada pembaca, disamping tata bahasa yang ringan dan mengena, bahasanya semua pilihan...jangan lupa tukeran link dengan aku ya, atau sekedar memberikan komentar semoga kita kenal akrab ok

    ReplyDelete
  2. hmmm... memang semakin ke penghujung jaman, semakin banyak hal dan kejadian aneh yang ditemui, jadi tak usah kaget lagi, krna smuanya sudah terjelaskan dengan sangat gamblang di dlm alquran. hnya saj sdikit.... mgkin susah utk dijelaskan :D. bgaikan mnmpuh jalan yg lurus dan indah namun tempatnya salah. gmna ya jadinya???

    ReplyDelete
  3. wah hebat band Purgatory, dia bisa merubah bahwa image band metal yang selama ini selalu identik dengan musik iblis itu nggak sepenuhnya benar.
    salam kenal ya...

    ReplyDelete
  4. oke sob...memang segala jalan menuju Tuhan itu banyak, tergantung niat dan ketulusan hati.
    selama kita masih dijalan-Nya walaupun jalan yang kita hadapi itu suram tapi tetap menuju kepangkuan-Nya.

    ReplyDelete
  5. Good Post! I love purgatory and Metalic hardcore bands as well. Jadi, pesen yang juga seharusnya ente ungkap di sini, salah satunya, adalah kenapa band-band pop yang sering bawa tema religi hanya saat ramadhan justru akhlaknya bertolak belakang sama lagu yang meraka nyanyiin. Maka, bagi band-band pop "religi-religian" itu, dakwah karena uang, karena pangsa pasar, karena komersil. Inilah, dakwah sudah dikomersilkan. Good post, Bung!

    ReplyDelete
  6. Makasih sob...
    Baru tau nih, teruskan membuat artikel yang informatif sobat, untuk memperluas wawasan...
    Lanjut sob....!!!!

    ReplyDelete
  7. waduhhhh
    jadi tambah ilmu nih

    ReplyDelete
  8. lumurilah dirimu dengan maksiat
    botol minyak babi berisi minyak zaitun lebih baik dari pada botol minyak zaitun berisi minyak babi

    ReplyDelete
  9. Music Underground mmg engga' ada matinya, biar itu music religiuz ato music CAdaz.. yang penting UNDERGROUND not det..!!! jangan lupa ya kalo ada info efek "metalZone" di review ya,bro. kalo harga pas gw mo beli efek itu,men. ;)

    ReplyDelete
  10. Wah, barangkali dengan adanya islamic death metal ini, image orang tentang death metal bakal berubah ya.
    Nggak hanya metal2 "ra nggenah" tetapi yang ini ju7ga memberi pencerahan pada pendengarnya:)
    Thanks sobb atas informasinya ya:)
    Kupasang ah banner kamu di blog aku juga:)

    ReplyDelete
  11. ganti haluan ney purgatory... good lah..;)

    ReplyDelete
  12. wah baru tau nich....,kirain cuma nasyid aja yang bisa religi ternyata musik underground juga ada yang mengusung tema religi dalam lagunya...,,

    ReplyDelete
  13. thanks lagunya bikin gempar seantero dunya bikin yang mati hidup lagi hehe...takut kena siksa kubur

    ReplyDelete
  14. da yg tau g website bwt download lagu purgatory...?
    q udh cari pi cma dpt dkt aja....
    lw da yg tw kirimin k ir102fan@yahoo.co.id
    tolong xa lw da yg tw ksh tau aq...........

    ReplyDelete
  15. subhanallah, bantu doa biar band gua bisa kayak purgatory.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, mohon tidak meninggalkan LINK didalam komentar. Terima kasih